[INFO] A Quick Glance @ Word of Mouth



Dalam dunia Marketing setahun belakangan, banyak didengungkan mengenai Word Of Mouth, sistem promosi paling murah karena dasarnya adalah berbicara ke orang lain mengenai suatu merk ke orang lain. Word of Mouth adalah payung dari semua praktek Marketing yang bertujuan untuk membuat konsumen membicarakan suatu brand. Word of Mouth bisa berujung ke 2 hal, positif atau negatif word of mouth.

Dewasa ini, word of mouth sudah berkembang sedemikian rupa, bukan hanya benar-benar pakai mulut, tetapi menggunakan teknologi seperti social media yakni Facebook,MySpace,Twitter, dll.


Ternyata setelah ditilik ke belakang, ada beberapa teknik word of mouth yang bisa dipakai. Menurut Majalah Mix, teknik-teknik itu adalah :

  • Buzz Marketing : Memakai teknik khusus seperti even atau promosi untuk menarik konsumen dan media membicarakan tentang suatu kampanye.
  • Viral Marketing : Menciptakan materi tentang brand di internet yang membuat konsumen asyik bila bisa berbagi dengan teman-temannya tentang materi tersebut. Biasanya melalui email.
  • Influencer Marketing : Mengidentifikasi dan melibatkan sebagian besar konsumen yang punya pengaruh ke dalam suatu target market untuk menjadi brand advocates.
  • Evangelist Marketing :  Melibatkan pelanggan loyal untuk menjadi brand advocates.
  • Street Marketing :  Menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen secara langsung di suatu tempat mereka biasa bertemu tatap muka secara berkala.
  • Stealt/ Undercover Marketing : Marketing di bawah ambang kesadaran ( Misal menyewa aktor untuk menyebarkan pesan positif dari suatu brand kepada publik )
Nah, marketerz bisa memilih salah satu atau salah banyak dari teknik diatas. Apapun teknik yang dipakai, yang terpenting tetaplah memegeng kunci utama marketing, yakni DIFERENSIASI.......(t11)
0 Responses

    Anda Visitor Ke :

    Marketing Messenger

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x