Dewasa ini, word of mouth sudah berkembang sedemikian rupa, bukan hanya benar-benar pakai mulut, tetapi menggunakan teknologi seperti social media yakni Facebook,MySpace,Twitter, dll.
Ternyata setelah ditilik ke belakang, ada beberapa teknik word of mouth yang bisa dipakai. Menurut Majalah Mix, teknik-teknik itu adalah :
- Buzz Marketing : Memakai teknik khusus seperti even atau promosi untuk menarik konsumen dan media membicarakan tentang suatu kampanye.
- Viral Marketing : Menciptakan materi tentang brand di internet yang membuat konsumen asyik bila bisa berbagi dengan teman-temannya tentang materi tersebut. Biasanya melalui email.
- Influencer Marketing : Mengidentifikasi dan melibatkan sebagian besar konsumen yang punya pengaruh ke dalam suatu target market untuk menjadi brand advocates.
- Evangelist Marketing : Melibatkan pelanggan loyal untuk menjadi brand advocates.
- Street Marketing : Menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen secara langsung di suatu tempat mereka biasa bertemu tatap muka secara berkala.
- Stealt/ Undercover Marketing : Marketing di bawah ambang kesadaran ( Misal menyewa aktor untuk menyebarkan pesan positif dari suatu brand kepada publik )